English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Hindari Tidur Bersama Dengan Hewan Peliharaan

Jakarta: Kehadiran binatang peliharaan di rumah banyak memberikan manfaat, baik secara fisik maupun psikologis. Hal itu menyebabkan majikan dekat dengan binatang peliharaanya, hingga mengajak tidur bersama.

Menurut drh Parmanto, seperti dikutip situs www.dokterhewanonline.com binatang peliharaan boleh masuk ke dalam kamar dan bermain di lantai, namun tidak di tempat tidur. Sebab kebiasaan yang dianggap lumrah bagi sebagian orang itu, ternyata dapat berpenggaruh terhadap kesehatan Anda, seperti :

1. Kesehatan fisik

Binatang peliharaan seperti anjing dan kucing dapat membawa parasit tertentu, seperti jamur (ring worm) dan kudis (scabies dan demodex) yang dapat menular ke manusia. Derek Damin of Kentuckiana Allergy, Asthma & Immunology di Louisville menyatakan, hewan dapat memicu risiko kambuhnya asma dan alergi.

Oleh karena itu, disarankan bagi para penderita asma yang ingin berdekatan dengan hewan peliharaannya, disarankan ia harus divaksin dulu agar tubuh lebih kebal. Sedangkan yang memiliki bayi, usahakan agar selalu menjaga kebersihan kamar dan menghindarkan bayi Anda dari kontak langsung dengan hewan.

2. Kenyamanan tidur.

Meski beberapa orang merasa nyaman jika tidur ditemani hewan peliharaan, tetapi penelitian Dr John Shepard berkata lain. Dalam penelitiannya direktur medis Mayo Clinic Sleep Disorders Center menemukan sekitar 22% pasiennya mendapatkan gangguan tidur akibat tidur bersama hewan peliharaan. Penyebabnya adalah dengkuran dan embusan napas dari anjing atau kucing dapat membuat udara di kamar menjadi tidak nyaman.

3. Keintiman bersama pasangan.

Terlalu sering membiarkan hewan berada di kamar dan kasur Anda, bisa membuat hal ini menjadi sebuah kebiasaan. Ketika hewan peliharaan merasa nyaman, maka sangat sulit bagi Anda untuk bisa mengusirnya keluar dari kamar. Akibatnya kondisi ini akan membuat Anda terganggu ketika ingin menggunakan kamar tersebut untuk aktivitas pribadi.

4. Kebersihan kamar.

Aktivitas hewan peliharaan yang gemar mondar mandir ke seluruh penjuru rumah, membuat tubuhnya menjadi sarang segala kotoran. Jika Anda mengajak mereka untuk tidur bersama, otomatis kotoran yang melekat di tubuhnya akan menempel dan mengotori kamar.

Melarang hewan naik ke tempat tidur tidak berarti Anda tidak sayang dengan mereka. Anda bisa menunjukkan rasa sayang kepada hewan dengan cara lain, seperti mengajaknya jalan pagi atau sore hari.(www.preventionindonesia/Vin/liputan6.com)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews